Menu
header photo

Marsya Bear and Beauty Bussiness

Selamat datang dan silakan menikmati artikel saya :)

Produk Kecantikan Berbahaya yang Tidak Aman Menurut Pemerintah

July 13, 2015

Maraknya pemberitaan media mengenai produk kecantikan berbahaya yang tidak aman menurut pemerintah membuat saya untuk memberikan rangkuman kepada pembaca agar dapat memahami bagaimana cara memilih produk kecantikan yang aman digunakan. Beragam cara digunakan oleh para produsen kosmetik agar dapat meraup untung besar namun tidak mengindahkan keamanan pengguna kosmetik itu sendiri.

Produk kecantikan yang dijual pun beragam macamnya, mulai dari pemalsuan produk terkenal hingga produk import tanpa disertai dengan surat atau nomor izin edar dari pemerintah mengenai keamanan kandungan dalam kosmetik tersebut.

Beberapa informasi kami dapatkan dari beberapa toko produk kecantikan online seperti kiosprodukkecantikan.com dimana berbagai macam produk dijual mulai dari produk kosmetik dalam negeri hingga luar negeri. Disini saya mencoba menanyakan langsung kepada pemilik website tersebut bagaimana cara membedakan kosmetik yang aman digunakan dengan yang tidak aman. Beberapa kesimpulan saya bahas dibawah ini :

Nomor Izin Edar
Sudah selayaknya bahwa peredaran produk harus disertai izin edar dari BPOM sebagai lembaga pemerintah yang bertugas untuk menganalisa kandungan suatu produk dan makanan. Kandungan kosmetik haruslah terlebih dahulu memiliki izin dari BPOM agar masyarakat lebih tenang dan merasa nyaman saat menggunakannya. Namun informasi yang saya dapatkan ternyata ada saja produsen nakal yang mengunakan nomor izin BPOM palsu sehingga membuat para distributor produk kecantikan kebingungan untuk membedakan mana yang asli dan telah berizin BPOM karena kurangnya informasi.

Zat dalam kosmetik sudah dinyatakan aman dan tidak berbahaya sehingga produk tersebut dapat diedarkan ke masyarakat. Namun pada kenyataannya banyak sekali produk kosmetik dengan merek terkenal juga tidak memiliki izin edar dan mengandung kandungan berbahaya jika digunakan dalam waktu lama. Memang ada batasan normal dan tidak normal yang dapat ditolerir untuk pemakaian suatu produk, namun tentunya perlu ada pengawasan dari lembaga terkait agar konsumen tidak merasa dirugikan.

Manfaat Produk
Manfaat suatu produk kecantikan biasanya tidak memiliki hasil instan apabila produk tersebut dinyatakan aman oleh pemerintah namun sering kali produsen kosmetik memberikan kandungan produk seperti merkuri dan hidroquinon diambang batasan normal. Sehingga diklaim dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dengan cepat setelah menggunakan produk tersebut.

Namun tahukah anda produk kecantikan tersebut berbahaya bagi kesehatan jika digunakan dalam waktu lama? Tentunya Anda harus mengetahui bahwa kandungan tersebut bisa menyebabkan kanker kulit hingga kemandulan apabila digunakan secara terus menerus. Hal ini menyebabkan beberapa kerugian pada konsumen. Ada baiknya anda juga menanyakan kepada penjual offline maupun online mengenai kandungan produk tersebut agar anda tidak dirugikan dikemudian hari.
Seperti penjual online kiosprodukkecantikan.com saya pun selalu menanyakan kandungan dan keamanan jika menggunakan produk tersebut dan untungnya mereka sangat terbuka dalam memberikan informasi akurat agar pelanggan mereka juga nyaman menggunakan produk kecantikan yang telah dibeli.

Berhubung saya sudah sedikit lelah karena tadi jalanan macet sekali sehingga informasi selanjutnya mengenai Produk Kecantikan Berbahaya yang Tidak Aman Menurut Pemerintah akan saya lanjutkan pada pembahasa berikutnya. Mohon maaf apabila informasi yang didapatkan belum akurat dan lengkap.

Go Back

Comments for this post have been disabled.