Menu
header photo

Marsya Bear and Beauty Bussiness

Selamat datang dan silakan menikmati artikel saya :)

Cara membuat kosmetik herbal dirumah

September 16, 2014

Banyak sekali tanaman, bunga, sayuran dan buah buahan yang dapat dijadikan sebagai kosmetik herbal. Namun sering kali dan alasan yang biasa yaitu kita tidak mengetahui bagaimana cara membuat kosmetik herbal dirumah. Selain aman dan terjamin herbalnya, kosmetik ini juga dapat membantu Anda untuk menambah penghasilan dirumah. Anda dapat membuat kosmetik herbal sendiri dirumah anda setelah mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Lalu produk apakah yang bisa dihasilkan dari tanaman herbal? Banyak sekali yang bisa anda jadikan kosmetik seperti shampoo, facial wajah, pelembab wajah, minyak urut wajah atau produk apapun yang sekiranya dapat dimanfaatkan untuk wajah.

Memanfaatkan tanaman herbal merupakan cara tradisional untuk membantu anda mendapat produk dengan mutu dan kualitas terbaik dari produk herbal. Seni tradisional dalam mengelola tananam herbal menjadi kosmetik herbal telah ada sejak zaman ratu mesir dahulu kala. Pada saat sang ratu ingin mendapatkan parfum dari essense tanaman herbal dan ramuan untuk lulur dari bunga matahari, minyak wijen, safflower, almond, dan zaitun yang bisa Anda dapatkan dirumah saat ini dapat membuat kulit Anda menjadi cantik dan sehat tanpa menggunakan bahan kimia. Oleh sebab itu para ratu saat itu telah menggunakan bedak dingin pada pertama kali pembuatan kosmetik herbal tersebut.

Seperti halnya ratu mesir, para ratu romawi kuno juga menggunakan tanaman herbal untuk dijadikan kosmetik herbal. Mereka biasa menghabiskan waktu untuk merendam bunga-bunga yang memiliki aroma khas dan mewah kemudian merendam tubuh mereka kedalam rendaman bunga tersebut atau mandi dengan menggunakan air tersebut. Dalam istilah kita saat ini adalah mandi kembang 7 rupa katanya.

Pada abad pertengahan dulu, violet parfum dibuat hanya untuk menyenangkan hati ratu agar ratu dapat menghirup keharuman bunga violet serta mereka juga biasa membuat lulur dari bunga chamomile direbus dengan madu untuk membersihkan noda pada kulit. Pada abad ke 17 para ibu rumah tangga di Amerika mulai memanfaatkan tanaman dan tumbuhan tersebut sehingga menjadi barang berharga yang menjadi nilai ekonomis untuk membantu keluarga. Mereka juga mengumpulkan tanaman yang sudah jarang ditemui untuk diperbanyak dan dirawat agar menjadi lebih bernilai.

Apa yang perlu Anda persiapkan untuk memproduksi tanaman herbal menjadi kosmetik hebal?

Pada saat anda melakukan produksi kosmetik herbal anda memerlukan alat penyulingan untuk merebus tanaman dan diambil sarinya. Penyulingan yang anda butuhkan dapat terbuat dari stainles atau gelas yang tahan dengan panas bersuhu tinggi. Jangan menggunakan aluminium, tembaga atau panci Teflon, karena sifat kimianya akan mempengaruhi produk kosmetik herbal. Simpanlah hasil ekstrasi pada tempat atau wajah yang aman seperti botol kaca atau botol plastik yang tertutup rapat.

Cara sederhana untuk menggabungkan daun herbal dan bunga ke dalam persiapan kosmetik. Masukan bahan pada kantung seperti kantung teh. Rebus air hingga mendidih lalu celupka ramuan tanaman herbal tersebut kedalam air kurang lebih 30 menit hingga air mulai terlihat sedikit. Anda juga bisa menambahkan bahan herbal lainnya kedalam air rebusan tersebut seperti minyak zaitun dan wijen

Penggunaan kosmetik herbal juga bisa menyebabkan proses alergi pada orang-orang tertentu, jadi sebelum menggunakannya sebaiknya anda coba dahulu 1 tetes pada lengan Anda. Apabila tidak ada reaksi alergi terhadap bahan kosmetik tersebut, bisa anda gunakan untuk keperluan sehari hari. Pada kosmetik herbal tidak terdapat bahan kimia seperti pengawet dan lainnya, oleh sebab itu jangka waktu pemakaiannya juga relatif lebih singkat dibandingkan produk kosmetik yang diproduksi secara komersial.

Harga dalam membuat kosmetik herbal bisa dikatakan 2 kali lipat dari kosmetik biasa menurut situs toko kosmetik online healtybeautycare.com, karena anda membutuh banyak bahan dalam melakukan ekstraksi tumbuhan dan bunga. Namun dengan manfaat dan jaminan keamanan yang berikan rasanya tidak akan mempengaruhi konsumen untuk tidak membelinya. Agar produk kecantikan lebih tahan lama dapat anda tambahkan cuka sehingga dapat disimpan pada tempat yang kering dan dingin.

 

Go Back

Comments for this post have been disabled.